Bulan Ramadlan :: Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Bulan Ramadlan

Assalamu'alaikum wr.wb. Dengan menyebut nama Allah. Segala Puji Hanya Milik Allah. Semoga Kesejahteraan dan Rahmat Allah Selalu Tercurah Kepada Nabi Muhammad dan Keluarganya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, semoga dengan tulisan saya ini kita semua bisa Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, Namun saya tidak akan menjelaskan secara mendetail mengenai Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, karena saya akan membahasnya secara berkelompok atau berfashel kalau istilah dalam kajian pesantren. Intinya untuk tulisan awal ini saya hanya akan memperkenalkan apa itu Ahlus Sunnah Wal Jama'ah karena sekarang ini banyak sekali orang yang bingung dengan istilah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, dan bingungnya orang tersebut ada beberapa faktor.

1. Memang belum tahu karena tidak mondok di pesantren dan juga tidak sekolah di madrasah.

2. Bingung karena semua aliran dalam islam mengaku Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Entah pembaca, tergolong yang mana?

Tergolong atau termasuk yang mana saja itu tidak masalah, yang terpenting sesudah ini semoga anda sudah bisa mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Bulan Ramadlan

Ahlus Sunnah Wal Jama'ah adalah istilah yang oleh Rasulullah Saw diberikan kepada ummatnya yang akan selamat dari api neraka. Berarti pada dasarnya hanya Ahlus Sunnah Wal Jama'ah yang benar benar ummat Nabi Muhammad Saw alias Islam Sejati.

Kalau Ahlus Sunnah Wal Jama'ah adalah satu satunya golongan yang akan selamat berarti dalam islam ada banyak golongan atau firqah?

Ya, Islam akan terpecah, dan sekarang ini sudah sangat banyak pecahan dan aliran dalam islam. pecahnya islam ini sudah diprediksi oleh Rasulullah Saw, dan salah satu sabdanya adalah:


افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة، وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة، وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل: من هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وفي بعض الروايات: هي الجماعة

Artinya: Umat Yahudi menjadi 71 golongan. Nasrani terpecah menjadi 72 kelompok. Umat ini (Islam) akan terpecah menjadi 73 golongan. Semuanya di neraka kecuali 1 (satu) golongan (yang selamat). Nabi ditanya, "Siapa dia ya Rasulullah?" Nabi menjawab, "Yaitu golongan yang seperti aku dan para Sahabatku." Dalam sebagian riwayat, "Dia adalah jamaah.

Hadits semacam hadits diatas sangat banyak, namun maksudnya tetap sama, yaitu islam pecah dan yang selamat hanyalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Lalu siapa saja yang masuk dalam kategori Ahlus Sunnah Wal Jama'ah?

Siapapun masuk Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, selama orang tersebut mengikuti Rasulullah Saw dan juga para sahabatnya dan orang tersebut pasti berjama'ah (berada di kelompok yang paling banyak), tidak nyeleneh bagi sesama muslim, tidak menyimpang dari kelompok paling besar dari kelompok muslim. Jadi kalau kelompok yang menyimpang dari kelompok terbesar (Jama'ah) berarti dia bukan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Pembahasan yang panjang ada disini, yaitu membahas Jama'ah (kelompok terbesar) muslim, karena sebagian aliran islam mengacak acak dalil ini dengan dalil lain. selain bab ini nanti juga ada pembahasan yang rumit ialah pembahasan cara memahami Alqur'an dan Alhadits, dan sesuai dengan perkataan saya di awal tulisan saya ini, saya akan membahas secara berkelompok (Berfashel) karena memang sulit kalau langsung dibahas sekaligus.

Karena itu saya cukupkan sampai disini saya dulu. Semoga tulisan "Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Bulan Ramadlan" ini ada manfaatnya dan semoga anda bisa memahaminya. dan silahkan tunggu kelanjutan tulisan "Mengenal Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Bulan Ramadlan" ini. Wassalamu'alaikum wr wb.

Baca juga:

http://jaibnajhan.blogspot.com/2012/12/pengertian-ahlus-sunnah-wal-jamaah.html
http://lombabulanramadhan.blogspot.com/2016/10/pengertian-ahlus-sunnah-wal-jamaah-by.html
http://bulanramadlan00.blogspot.com/2015/05/mengenal-ahlus-sunnah-wal-jamaah.html

Tag(s) : #Ensiklopedia, #Islam, #Aswaja, #Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: